• PONTREN AL QURAN ALMUHAJIRIN ANTANG KAPUAS
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Sejarah Singkat

 

Madrasah Tsanawiyah Terpadu Berkah Palangka Raya merupakan salah satu Madrasah Tsanawiyah Swasta yang berdiri pada tahun 2020. Madrasah Tsanawiyah ini dibangun oleh sebuah lembaga Yayasan yang bernama Yayasan Barokah, yang terletak di kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Madrasah Tsanawiyah ini berdiri karena dilatar belakangi oleh salah satu polemik umum yang terjadi dimasyarakat, yaitu rendahnya mutu pendidikan, yang mana dalam hal ini dapat diartikan sebagai kurang efektivitasnya proses pembelajaran yang dikembangkan disebuah lembaga. Penyebabnya adalah berasal dari siswa itu sendiri, metode yang diterapkan, lingkungan belajar dan faktor lainnya. Minat motivasi siswa yang rendah kemudian keterbatasan sarana dan prasarana akan menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan efisien yang endingnya akan memberikan dampak negatif bagi output lembaga yang bersangkutan. Dan dengan berjalannya waktu Madrasah ini telah berperan aktif membantu pemerintah memberikan layanan pendidikan layak kepada warga negara Indonesia. Berdasarkan permasalahan di atas, membuat ketua Yayasan yang bernama Moh. Abdul Ghofur, M. Pd, M. E dan Ahmad Sahiba, M. Pd untuk membangun sebuah Madrasah Tsanawiyah.

MTs Terpadu Berkah Palangka Raya terus berbenah dalam memperbaiki dan mengembangkan kuantitas dan kualitas layanan pendidikan melalui berbagai upaya, di mulai dengan peningkatan SDM tenaga pendidik dan tenaga kependidika, penerimaan siswa baru yang terus mengutamakan kualitas sekaligus melatih seluruh siswa dalam bidang akademik dan non akademik.

Berbagai upaya yang dilakukan madrasah ini diharapkan mampu mencetak generasi berakhlaqul karimah untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.

 Visi, Misi dan Tujuan

  1. Visi :

Terbentuknya landasan kepribadian siswa yang bertakwa, berakhlak mulia, terampil, berbudaya dan berkualitas. Unggul dalam prestasi akademik, non akademik, dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan.

  1. Misi :
  1. Menciptakan lembaga pendidikan yang aman dan nyaman.
  2. Menumbuhkembanngkan sikap dan budaya islami.
  3. Menyelenggarakan proses belajar yang aktif, efektif, dan kreatif.
  4. Menyelenggarakan ekstrakurikuler yang mendukung tercapainya tujuan.
  5. Mengembangkan kemampuan berbahasa asing.
  6. Menumbuhkan semangan keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah baik dalam prestasi akademik maupun non akademik.
  7. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapar berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  8. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite madrasah.

     3. Tujuan

  1. Membina dan mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada khususnya pada jenjang pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas, berakhlaqul karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan tercapainya tujuan pendidikan nasional.
  2. Menindak lanjuti jenjang pendidikan formal yang ada di Yayasan Barokah Palangka Raya, kelurahan Menteng, kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, serta menampung lulusan SD dan MI yang ada di lingkungan sekitar lembaga

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI “Terbentuknya landasan kepribadian siswa yang bertaqwa, berakhlak mulia, terampil, berbudaya dan berkwalitas. Unggul dalam prestasi akademik, non akademik dan mampu mengaktua

11/08/2023 16:37 - Oleh Admin MTs - Dilihat 299 kali
Profil

Palangka Raya (Inmas) - Siapa yang tak kenal Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annur Palangka Raya? Madrasah di Jl. S. Parman / Mahakam Kota Palangka Raya ini menjadi salah satu madrasah favori

07/05/2020 05:09 - Oleh Admin MTs - Dilihat 581 kali